Sabtu, 18 Agustus 2018

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

PELATIHAN CALON PELATIH (PCP) ASESOR BAN PAUD DAN PNF TAHUN 2018

PELATIHAN CALON PELATIH (PCP) ASESOR BAN PAUD DAN _1525179079.JPG

From Compliance to Performance

Bertempat di Hotel Allium Tangerang, BAN PAUD dan PNF menyelenggarakan Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Asesor Akreditasi PAUD dan PNF. Kegiatan ini diikuti oleh asesor terpilih dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan para asesor menjadi pelatih bagi para asesor di provinsi masing-masing.

Pelatihan dilaksanakan pada 24 s.d 27 April 2018, diikuti oleh 170 Asesor yang terdiri dari 94 asesor PAUD, 38 asesor LKP dan 38 asesor PKBM. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dirjen PAUD dan Dikmas, Ir. Harris Iskandar, Ph.D.  Dalam sambutan pembukaannya, Dirjen berharap para asesor berkonstribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui perannya sebagai asesor. Sedangkan Direktorat PAUD dan Dikmas melakukan pembinaan kepada lembaga-lembaga sehingga siap untuk diakreditasi.

Selain narasumber dari BAN PAUD dan PNF, pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyampaian materi diharapkan agar asesor selain berkualitas, juga memiliki integritas dengan menghindari praktik-praktik koruptif, kolutif dan nepotis.

Materi pelatihan diberikan dalam bentuk praktek dan teori. Dalam kegiatan praktik, peserta mengaplikasikan Sispena (Sistem Penilaian Akreditasi) pada semua tahapan akreditasi mulai tahapan PKPA (Pemeriksaan Kelayakan Permohonan Akreditasi), Visitasi sampai dengan Validasi dan Verifikasi. Dalam praktiknya, asesor ditekankan agar melakukan kegiatan akreditasi, dengan mencermati dan mengobservasi lembaga dalam mengimplementasikan 8 Standar Nasional Pendidikan. Hasil akreditasi diharapkan menggambarkan kinerja lembaga yang diakreditasi. Selain praktik mengaplikasikan Sispena, peserta juga melakukan praktik sebagai narasumber/fasilitator dalam bentuk peer teaching.  Dalam kegiatan praktik, peserta selain didampingi narasumber BAN PAUD dan PNF, juga fasilitator, tim ahli dan sekretariat.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan Ujian Materi Berbasis Komputer (UMBK) merupakan cara penilaian inovatif yang cukup mengesankan bagi para peserta. Para asesor merasa sangat bangga dan berterima kasih atas pelatihan yang diberikan BAN PAUD dan PNF. Kegiatan pelatihan yang ditutup oleh Ketua BAN PAUD dan PNF ini, menginspirasi dan memotivasi peserta untuk meningkatkan kinerja para asesor dalam menghasilkan akreditasi yang berkualitas, from compliance to performance. Dari tuntutan persyaratan mutu ke kinerja mutu dalam sambutan penutupnya, Ketua BAN PAUD PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd., meminta para asesor untuk membimbing para asesor di daerah dalam pelaksanaan kegiatan akreditasi sehingga hasilnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Tangerang, 27 April 2018

Tim Pengelola Website