Selasa, 18 Desember 2018

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA)

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (S_1513841944.JPG

Pada Tahun 2017, BAN PAUD dan PNF melaksanaan akreditasi 10.913 program dan satuan dan pada tahun 2018, BAN PAUD dan PNF dipercaya untuk melaksanakan akreditasi dengan sasaran kuota akreditasi 30.275 program dan satuan. Peningkatan kuota yang tiga kali lebih besar dari tahun 2017 tersebut, memerlukan suatu sistem penilaian akreditasi yang terintegrasi berbasis jejaring online sehingga pelaksanaan akreditasi akan berjalan secara simultan, terpusat dan mudah diakses masyarakat.

Sebagai langkah awal strategi dalam menyukseskan penuntasan capaian kuota tersebut, maka BAN PAUD dan PNF pada tahun 2018 akan menerapkan Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) PAUD dan PNF secara online dengan pemanfaatan Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik) dalam proses pelaksanaan akreditasi. Dapodik merupakan pangkalan data pendidikan dan kebudayaan yang terintegrasi untuk menunjang pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF secara efektif dan efisien.

Berdasarkan hal tersebut, BAN PAUD dan PNF melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA) dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan kompeten yang akan menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan aplikasi Sispena BAN PAUD dan PNF. Para peserta diharapkan mampu melaksanakan dan menyosialisasikan Sispena PAUD dan PNF tersebut dengan baik kepada segenap stakeholders lainnya.

Pelatihan Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada Minggu s.d Selasa tanggal 10 s.d 12 Desember 2017. Pelatihan bertempat di Hotel Aviary Bintaro, Jln. Boulevard Bintaro Blok B7 No. D3-3A, Pondok Aren, Pondok Jaya, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Tujuan Pelatihan Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta tentang penggunaan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF yang dirancang untuk memberikan kemudahan pengelolaan pangkalan data penilaian akreditasi, agar pengelolaan data lebih cepat prosesnya dan pelayanan data yang terkomputerisasi akan lebih mudah digunakan yang pada akhirnya meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas data yang dihasilkan.

Dalam Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi ini, para peserta dibekali dengan berbagai materi yang mencakup aspek-aspek konseptual, kebijakan, dan pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF. Pola penyelenggaraannya disusun secara khusus agar peserta memperoleh pemantapan dalam berbagai hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas sebagaimana yang diharapkan.

Tangerang Selatan, 12 Desember 2017