Senin, 16 Juli 2018

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA)

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (S_1522204652.JPG

Pada tahun 2018, BAN PAUD dan PNF dipercaya untuk melaksanakan akreditasi dengan sasaran kuota akreditasi 30.275 program dan satuan. Peningkatan kuota yang tiga kali lebih besar dari tahun 2017 tersebut, memerlukan suatu sistem penilaian akreditasi yang terintegrasi sehingga pelaksanaan akreditasi akan berjalan secara simultan, terpusat dan mudah diakses masyarakat.

Strategi akreditasi yang akan dilakukan BAN PAUD dan PNF pada tahun 2018 adalah menempatkan Sispena (Sistem Penilaian Akreditasi) sebagai garda terdepan sehingga target layanan akreditasi PAUD dan PNF dapat tercapai.

Berdasarkan hal tersebut, BAN PAUD dan PNF melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA) dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan kompeten yang akan menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan aplikasi Sispena BAN PAUD dan PNF.

Pelatihan Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada Sabtu s.d Senin tanggal 24 s.d 26 Maret 2018, bertempat di Hotel Grand Savero, Jl. Padjajaran No.27, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Peserta pelatihan terdiri dari 2 orang setiap provinsi yang terdiri dari unsur anggota BAP PAUD dan PNF komisi SIMA dan unsur sekretariat yang mengelola SIMA sehingga berjumlah 68 orang untuk 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam Pelatihan SIMA, Ketua PDSPK yang diwakili oleh Bidang Data Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan Dr. Budi Purwaka, SE, MM dengan materi paparan kebijakan dapodik terkait pelaksanaan akreditasi daring melalui Sispena.

Dapodik merupakan pangkalan data pendidikan dan kebudayaan yang terintegrasi untuk menunjang pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF secara efektif dan efisien.

Tujuan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA) adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan tentang mekanisme akreditasi dalam jaringan dengan menggunakan aplikasi Sispena.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi meliputi teori dan praktik yang dilakukan dalam bentuk tutorial oleh tim narasumber dan fasilitator. Untuk pendalaman materi dilakukan secara interaktif melalui tanya jawab dan pemberian umpan balik.

Para peserta diharapkan mampu melaksanakan dan menyosialisasikan Sispena PAUD dan PNF tersebut dengan baik kepada segenap stakeholders lainnya.

Bogor, 26 Maret 2018