Selasa, 25 September 2018

SELAMAT MENGUNJUNGI WEBSITE BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL. PELAKSANAAN AKREDITASI SATUAN PAUD DAN PNF GRATIS/TIDAK BERBAYAR
close x

Rakornas BAN PAUD dan PNF Tahap I (22-24 Februari 2018)

Rakornas BAN PAUD dan PNF Tahap I (22-24 Februari _1519895263.JPG

Dalam pelaksanaan tugasnya BAN PAUD dan PNF dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi PAUD dan PNF (BAP PAUD dan PNF). Di tingkat provinsi BAP PAUD dan PNF dapat dibantu oleh Kelompok Kerja (Pokja) PAUD dan PNF Kabupaten/Kota. Keberadaan BAP PAUD dan PNF ditetapkan oleh Gubernur dan Pemerintah Daerah menyediakan dana, khususnya yang terkait dengan persiapan akreditasi serta melakukan pembinaan lebih lanjut terhadap program dan satuan yang telah diakreditasi. Keberadaan Pokja Akreditasi PAUD dan PNF tersebut ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan atau Bupati/Walikota di Kabupaten/Kota tersebut.

Capaian Hasil Akreditasi PAUD dan PNF sepanjang Tahun 2017 adalah 10.913 Program dan Satuan, yang dananya bersumber dari APBN Balitbang Kemendikbud sebanyak 10.877 Program dan Satuan dan APBN Kementerian Agama sebanyak 36 Program dan Satuan. Jumlah ini telah melampaui target awal sebesar 10.000 Program dan Satuan. Prestasi yang telah diraih ini tentu tidak lepas dari dukungan semua pihak.

Sebagai langkah awal dalam mensinergikan pelaksanaan akreditasi tahun 2018 di seluruh provinsi dan untuk menghasilkan berbagai rancangan dan komitmen untuk meningkatkan capaian dan mutu layanan akreditasi PAUD dan PNF di seluruh Indonesia, dilaksanakanlah Rapat Koordinasi Nasional BAN PAUD dan PNF dengan BAP PAUD dan PNF. Acara yang dibuka oleh Dirjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud ini bertempat di Hotel The Alana Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.7, Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis s.d. Sabtu, 22 – 24 Februari 2018.

Strategi akreditasi yang akan dilakukan BAN PAUD dan PNF pada tahun 2018 adalah menempatkan Sispena (Sistem Penilaian Akreditasi) sebagai garda terdepan sehingga target  layanan akreditasi PAUD dan PNF dapat tercapai. Strategi ini merupakan terobosan mengingat lonjakan kuota berlipat menjadi 3 (tiga) kali dari kuota tahun 2017 (30.275) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan memanfaatkan perkembangan sistem informasi, harapannya adalah pelaksanaan akreditasi menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih berkualitas.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BAN PAUD dan PNF dengan Ditjen PAUD dan Dikmas, PDSP-K, Pustekom, dan Kemenag.

Rapat Koordinasi Nasional BAN PAUD dan PNF dengan BAP PAUD dan PNF tahun 2018 ini merupakan wadah untuk merencanakan pelaksanaan akreditasi tahun 2018. Berbekal pengalaman pelaksanaan akreditasi tahun 2017, diharapkan sinergi kerjasama antara BAN PAUD dan PNF, BAP PAUD dan PNF serta Pokja Akreditasi PAUD dan PNF Kabupaten/Kota dapat semakin meningkat serta lebih efektif dan efisien.

Yogyakarta, 22 Februari 2018